Skip to main content

All Hallows Eve

"Trick or Treaaaaat?!" Begitu pintu terbuka, terlihat sekelompok anak-anak dengan kostum lucu yang membawa toples berisi permen. Lalu anda yang membuka pintu akan pura-pura terkejut, lalu tertawa, memberi mereka permen atau coklat sambil mengucapkan "Happy Halloween!"

Tapi tau gak sejarahnya Halloween ini?
Teori yang berkembang banyak, ada yang nyebutin bangsa Celtic yang dulu merayakan tahun baru tiap 1 November, ada yang nyebutin orang Kelt atau orang Gael yang ngerayain Samhain a.k.a Akhir Musim Panen Mereka tiap 31 Oktober tapi itu sih balik ke kepercayaan masing-masing aja,
inti dari ceritanya gini;


Dipercayai bahwa tiap tanggal 31 Oktober, gerbang antara dunia orang mati dan dunia hidup terbuka sehingga memudahkan arwah-arwah orang mati yang ingin kembali ke dunia orang hidup. Berhubung mereka nggak bisa hidup lagi yakan, mereka lalu merusak hasil panen atau membawa penyakit ke dunia orang hidup. Sehingga orang-orang hidup memakai kostum dan topeng seram supaya dikira bagian dari orang mati, dengan harapan nggak akan diganggu sama arwah-arwah orang mati tadi.

Tapi ternyata nggak semua arwah orang mati tadi itu jahat, maka arwah-arwah yang baik bisa diajak duduk dan makan bersama, hang out.. Nongkrong-nongkrong gitu. Sedangkan arwah-arwah jahat yang membawa penyakit diusir.

Kenapa namanya dari Samhain jadi Halloween?
Karena ternyata festival Samhain itu kan termasuk paganisme, jadi bertentangan sama hukum gereja yang waktu itu berlaku. Jadi namanya diubah jadi All Hallows Evening (Hari Para Orang Suci) tapi lidah penduduk biasa nyebut jadi "Hallow's Even" hingga lama-lama dan akhirnya, Festival Samhain resmi terkenal menjadi Halloween. 
A little fact you can skip, dari suatu sumber, katanya, walaupun nama dan perayaannya diubah sama gereja, tapi detil tradisi dan bentuk perayaannya nggak bisa keubah. 

Jack-o-lantern?
Ah iya, hal paling identik dari Halloween pasti labu yang diisi lilin dan diukir bentuk seram yang dinamain Jack O'Lantern. Ceritanya kira-kira gini. Jack itu seorang legendaris, kalo gak salah petani, orang Irlandia. 
Si Jack ini seorang pemabuk yang pelit, licik pokoknya jahatlah. Nah suatu hari dia menipu Iblis buat memanjat pohon (dipercayai sebagai apel, klise) dan si iblis itu mau-mau aja. Pas iblisnya udah sampe di atas, di batang pohonnya dia ukir tanda salib sehingga itu iblis mau turun laginya susah.

Ketika si Jack meninggal, dia nggak diterima di Surga karena dia kan, you know lah, jahat. Tapi pas mau masuk neraka pun, dia ditolak sama Iblis karena dendam pernah dikerjain. (Ya ampun sedih amat ya si Jack ini, Iblis aja gak mau jadi temennya dia-_-)

Akhirnya Iblis menawarkan suatu solusi yang.. setimpal sama dendamnya. Iblis ngasih lilin ke si Jack lalu Jack suruh nyari tempatnya sendiri di kegelapan. Dan jadilah Jack berjalan-jalan sendirian di kegelapan sambil membawa lilin yang ditempatkan di dalam lobak.

Mungkin sekarang dia lagi jalan melewatimu.

Iya, itu awalnya lobak, bukan labu. Dan kenapa jadi labu?
Jadi waktu orang Irlandia migrasi ke Amerika, tradisi Samhain alias Halloween ini masih mereka jaga dan pertahankan. Tapi berhubung di Amerika jarang ditemuin lobak, akhirnya diganti jadi labu. Simple as that.

So.. can I say it now?
Happy Halloween! Beware and watch your back! 
*postingan ini rapel sekalian malem jumatan, hehehe.

source: history channel, wikipedia 

Hai, di sini ada pembaca setia? Ngerasa ada yang aneh nggak? YAK BENER! Writing style. Bukan admin fearyourfate yang nulis postingan ini, maaf kalo kecewa ato nggak suka :( ini admin magang. Admin fearyourfate lagi dinas keluar kota kawasan terpencil di mana nggak ada sinyal blogger, tapi ada sinyal twitter :p

Ohiya, ada salam dari admin ganteng :$

 

Comments

Popular posts from this blog

Linimasa (Sisi kelam sebuah kicauan)

Selesai Abatoar langsung saya lahap Linimasa di hari itu juga. Rasanya agak telat kalau saya me-review Linimasa sekarang - sekarang ini, mengingat tanggal terbitnya sudah lewat berbulan - bulan lalu. Well... better late than never. Kita bahas sedikit tentang cerita dalam Linimasa, tanpa spoiler tentunya. Judul buku : Linimasa (Sisi kelam sebuah kicauan) Penulis :  @kisahhorror Penerbit : Mediakita Tanggal terbit : November - 2013 Jumlah halaman : 340 Linimasa menceritakan tentang konflik dan intrik anak - anak remaja tanggung persis di sinetron - sinetron yang sering diputar di stasiun televisi kesayangan kita. Adalah Tatiana, gadis berpenampilan sederhana namun selalu meninggalkan kesan baik pada teman - temannya sebagai siswi yang rajin, pintar, suka menolong dan ramah kepada semua orang. Sifat baik Tatiana bukan berarti berimbas baik pada semua orang, tersebutlah lima orang remaja lain yang merasa dipecundangi oleh kebaikan dan prestasi - prestasi Tatiana. Lima o

Creepy Diary 2

Dapat rezeki yang lumayan di sore hari sepulang kerja. Satu novel dikirimkan ke rumah. Adapun judul novel itu adalah Creepy Diary 2 karya Ayumi Chintiami. Tak perlu banyak kata lagi, mari kita bedah. Judul buku         : Creepy Diary 2 Penulis              : Ayumi Chintiami Penerbit            : Bukune  Tanggal terbit    : Mei 2014 Jumlah halaman : 292 halaman Creepy Diary 2 Adalah seorang gadis bernama Ayumi yang memiliki kemampuan bisa melihat hal-hal yang tidak bisa dilihat oleh orang kebanyakan. Ayumi sering kali melihat makhluk-makhluk mengerikan, mengalami mimpi-mimpi aneh dan bahkan visualisasi dari peristiwa yang belum pernah terjadi. Sama seperti novel sebelumnya, pada Creepy Diary 2 Ayumi kembali menemui arwah penasaran dengan latar belakang kematian yang bisa dibilang kelewat getir serta kejadian-kejadian aneh serta sosok-sosok mengerikan yang dia temui sepanjang perjalanan ketika berwisata mistis bersama teman-temannya menelusuri tempat-tempat mistis

Resensi : Pasien Terakhir

Karena kesibukan (dan kemalasan) saya baru sempat posting lagi sekarang. Mohon pengertiannya (iya.. itu juga buat kamu.. koneksi internet... mohon pengertian) Pertama kalinya saya membaca novel horror lokal. Saya putuskan untuk menuliskan sepatah dua patah kata pendapat saya tentang apa yang saya baca. Mudah - mudahan berimbang. Judul                 : Pasien Terakhir Penulis              : Maria Rosa Penerbit            : Setinggi Langit Tgl. Terbit         : Desember - 2013 Jumlah Halaman : 350 halaman (+) Plus Pemilihan judulnya menarik. Sangat sesuai dengan plot ceritanya. Plot yang dirancang lumayan apik dan tidak sembarangan.  Ilustrasi keren dan menantang pembaca untuk membuka lembar demi lembar buku. Bahasa dan kalimat yang digunakan untuk menggambarkan ketakutan tokoh berhasil memancing imajinasi pembaca. Penulis berwawasan luas, membuat novel ini juga menambah wawasan pembacanya. (-)Minus Akhir cerita yang mudah ditebak. Dan terkesan &quo