Skip to main content

All Hallows Eve

"Trick or Treaaaaat?!" Begitu pintu terbuka, terlihat sekelompok anak-anak dengan kostum lucu yang membawa toples berisi permen. Lalu anda yang membuka pintu akan pura-pura terkejut, lalu tertawa, memberi mereka permen atau coklat sambil mengucapkan "Happy Halloween!"

Tapi tau gak sejarahnya Halloween ini?
Teori yang berkembang banyak, ada yang nyebutin bangsa Celtic yang dulu merayakan tahun baru tiap 1 November, ada yang nyebutin orang Kelt atau orang Gael yang ngerayain Samhain a.k.a Akhir Musim Panen Mereka tiap 31 Oktober tapi itu sih balik ke kepercayaan masing-masing aja,
inti dari ceritanya gini;


Dipercayai bahwa tiap tanggal 31 Oktober, gerbang antara dunia orang mati dan dunia hidup terbuka sehingga memudahkan arwah-arwah orang mati yang ingin kembali ke dunia orang hidup. Berhubung mereka nggak bisa hidup lagi yakan, mereka lalu merusak hasil panen atau membawa penyakit ke dunia orang hidup. Sehingga orang-orang hidup memakai kostum dan topeng seram supaya dikira bagian dari orang mati, dengan harapan nggak akan diganggu sama arwah-arwah orang mati tadi.

Tapi ternyata nggak semua arwah orang mati tadi itu jahat, maka arwah-arwah yang baik bisa diajak duduk dan makan bersama, hang out.. Nongkrong-nongkrong gitu. Sedangkan arwah-arwah jahat yang membawa penyakit diusir.

Kenapa namanya dari Samhain jadi Halloween?
Karena ternyata festival Samhain itu kan termasuk paganisme, jadi bertentangan sama hukum gereja yang waktu itu berlaku. Jadi namanya diubah jadi All Hallows Evening (Hari Para Orang Suci) tapi lidah penduduk biasa nyebut jadi "Hallow's Even" hingga lama-lama dan akhirnya, Festival Samhain resmi terkenal menjadi Halloween. 
A little fact you can skip, dari suatu sumber, katanya, walaupun nama dan perayaannya diubah sama gereja, tapi detil tradisi dan bentuk perayaannya nggak bisa keubah. 

Jack-o-lantern?
Ah iya, hal paling identik dari Halloween pasti labu yang diisi lilin dan diukir bentuk seram yang dinamain Jack O'Lantern. Ceritanya kira-kira gini. Jack itu seorang legendaris, kalo gak salah petani, orang Irlandia. 
Si Jack ini seorang pemabuk yang pelit, licik pokoknya jahatlah. Nah suatu hari dia menipu Iblis buat memanjat pohon (dipercayai sebagai apel, klise) dan si iblis itu mau-mau aja. Pas iblisnya udah sampe di atas, di batang pohonnya dia ukir tanda salib sehingga itu iblis mau turun laginya susah.

Ketika si Jack meninggal, dia nggak diterima di Surga karena dia kan, you know lah, jahat. Tapi pas mau masuk neraka pun, dia ditolak sama Iblis karena dendam pernah dikerjain. (Ya ampun sedih amat ya si Jack ini, Iblis aja gak mau jadi temennya dia-_-)

Akhirnya Iblis menawarkan suatu solusi yang.. setimpal sama dendamnya. Iblis ngasih lilin ke si Jack lalu Jack suruh nyari tempatnya sendiri di kegelapan. Dan jadilah Jack berjalan-jalan sendirian di kegelapan sambil membawa lilin yang ditempatkan di dalam lobak.

Mungkin sekarang dia lagi jalan melewatimu.

Iya, itu awalnya lobak, bukan labu. Dan kenapa jadi labu?
Jadi waktu orang Irlandia migrasi ke Amerika, tradisi Samhain alias Halloween ini masih mereka jaga dan pertahankan. Tapi berhubung di Amerika jarang ditemuin lobak, akhirnya diganti jadi labu. Simple as that.

So.. can I say it now?
Happy Halloween! Beware and watch your back! 
*postingan ini rapel sekalian malem jumatan, hehehe.

source: history channel, wikipedia 

Hai, di sini ada pembaca setia? Ngerasa ada yang aneh nggak? YAK BENER! Writing style. Bukan admin fearyourfate yang nulis postingan ini, maaf kalo kecewa ato nggak suka :( ini admin magang. Admin fearyourfate lagi dinas keluar kota kawasan terpencil di mana nggak ada sinyal blogger, tapi ada sinyal twitter :p

Ohiya, ada salam dari admin ganteng :$

 

Comments

Popular posts from this blog

Tragedi Himuro Mansion

Siapa yang udah pernah main game Fatal Frame ? Saya belom, hehe. Mau maenin tapi PS 2 nya rusak duluan. Saya tahu Fatal Frame dari teman saya yang sudah terlebih dahulu bermain Fatal Frame. Gamenya lumayan horror, eh bukan lumayan lagi deh. Horror banget. Ya iyalah gimana gak ? Di game itu kita berperan jadi sepasang gadis yang tersesat di sebuah mansion yang isinya hantu - hantu semua. Satu - satunya cara untuk menghadapi hantu - hantu itu adalah dengan memotret mereka dengan sebuah alat bernama camera obscura. Iya, dipotret hantunya. Kebayangkan kalo hantunyaFatal Frame tiba - tiba muncul di depan wajah terus langsung kita harus buru - buru potret. BAKEKOK !! Ini kok jadi review game ? -_-" Maaf keasyikan ngebahas Fatal Frame. Langsung ke topik utama. Ada alasan mengapa tadi saya membahas game Fatal Frame sedikit di awal. Latar tempat game Fatal Frame adalah sebuah mansion (rumah singgah yang besar dan luas) bernama Himuro Mansion. Dan coba tebak ? ternyata Himuro Mansion benar …

Linimasa (Sisi kelam sebuah kicauan)

Selesai Abatoar langsung saya lahap Linimasa di hari itu juga. Rasanya agak telat kalau saya me-review Linimasa sekarang - sekarang ini, mengingat tanggal terbitnya sudah lewat berbulan - bulan lalu. Well... better late than never. Kita bahas sedikit tentang cerita dalam Linimasa, tanpa spoiler tentunya.

Judul buku : Linimasa (Sisi kelam sebuah kicauan) Penulis : @kisahhorror Penerbit : Mediakita Tanggal terbit : November - 2013 Jumlah halaman : 340


Linimasa menceritakan tentang konflik dan intrik anak - anak remaja tanggung persis di sinetron - sinetron yang sering diputar di stasiun televisi kesayangan kita. Adalah Tatiana, gadis berpenampilan sederhana namun selalu meninggalkan kesan baik pada teman - temannya sebagai siswi yang rajin, pintar, suka menolong dan ramah kepada semua orang. Sifat baik Tatiana bukan berarti berimbas baik pada semua orang, tersebutlah lima orang remaja lain yang merasa dipecundangi oleh kebaikan dan prestasi - prestasi Tatiana. Lima orang remaja itu adalah Fra…

Gak Baca Komik Horor, Sekalinya Baca Jadi Lama Gak Posting Lagi

Lama gak update sodara - sodara sekalian. Kali ini saya gak mau cerita sesuatu dulu. Mau share sedikit aja.  Jadi gini, ceritanya saya lagi iseng googling. Dan nemu komik horror disalah satu web penyedia komik. Jelas dong saya penasaran, saya baca dikit dan voila ! sukses bikin saya gak bisa tidur, gak berani di kamar mandi lama - lama. Dan gak berani buat posting cerita horor buat sementara. (Selain sempitnya waktu, efek dari komik ini yang membuat saya gak posting - posting lagi).

"Emang serem banget ya ?"

Gak banget - banget sih, tapi karena ilustrasinya yang "brengsek" dan lumayan buat bahan mental disturbing jadi bakal bikin anda berkali - kali ngeliat ke belakang pas lagi baca ceritanya (if you know what i mean...^_^).

Nih saya kasih linknya aja. Saya gak mau naro gambar - apa dipostingan kali ini.

YAMI NO KOE
Nemu profil penulisnya juga dari wikipedia :

Junji Ito was born in the Gifu prefecture of Japan in 1963. He was inspired from a young age by both his ol…