Skip to main content

Creepy Diary 2

Dapat rezeki yang lumayan di sore hari sepulang kerja. Satu novel dikirimkan ke rumah. Adapun judul novel itu adalah Creepy Diary 2 karya Ayumi Chintiami. Tak perlu banyak kata lagi, mari kita bedah.

Judul buku         : Creepy Diary 2
Penulis              : Ayumi Chintiami
Penerbit            : Bukune 
Tanggal terbit    : Mei 2014
Jumlah halaman : 292 halaman

Creepy Diary 2
Adalah seorang gadis bernama Ayumi yang memiliki kemampuan bisa melihat hal-hal yang tidak bisa dilihat oleh orang kebanyakan. Ayumi sering kali melihat makhluk-makhluk mengerikan, mengalami mimpi-mimpi aneh dan bahkan visualisasi dari peristiwa yang belum pernah terjadi. Sama seperti novel sebelumnya, pada Creepy Diary 2 Ayumi kembali menemui arwah penasaran dengan latar belakang kematian yang bisa dibilang kelewat getir serta kejadian-kejadian aneh serta sosok-sosok mengerikan yang dia temui sepanjang perjalanan ketika berwisata mistis bersama teman-temannya menelusuri tempat-tempat mistis di tanah Jawa dan pengalamannya 'berjalan-jalan' di dimensi lain yang mengancam nyawanya sekaligus bumbu romansa yang terasa sangat kental dari beberapa bagian ceritanya antara Ayumi dengan kekasihnya Aryo.

(+)Plus
  • Rangkaian kalimat yang digunakan dalam tiap paragraf untuk membangun
    ceritanya terkesan lembut. Ringan untuk dibaca, dilengkapi juga dengan diksi yang tidak terlalu berlebihan.
  • Pesan moralnya mudah dicerna para pembaca. Tiap bagian ceritanya mengandung pesan moralnya masing-masing.
  • Memperluas wawasan pembacanya tentang pemahaman terhadap orang-orang indigo. Tentang bagaimana menyikapi seorang indigo
  • Ilustrasi yang keren, sedikit namun berkesan. Merepresentasikan imajinasi para pembacanya.

(-)Minus
  • Sulit untuk menemukan bagian horror yang benar-benar 'mengigit' dalam novel ini. 
  • Ditemukan beberapa typo.
    • Halaman 122, paragraf 2, baris 3.
    • Halaman 123, paragraf 5, baris 1.
    • Halaman 275, paragraf 3, baris 3.   
Kekuatan terbesar dari karya ini adalah pesan moralnya yang bijak dan sering ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Penulis mengajak pembacanya untuk selalu berpikiran positif dalam menanggapi setiap kejadian walaupun kejadian itu tidak begitu baik menurut kita, namun Tuhan selalu memiliki rencana lain yang lebih baik untuk hamba-Nya. Dari karya ini juga terdapat cerita yang menggambarkan begitu dahsyatnya kekuatan kasih sayang ketika orang-orang yang begitu menyayangi Ayumi berdoa dengan sepenuh hati agar Ayumi selamat dari astral projection-nya. Dan satu hal lagi yang saya sukai dari buku ini, adalah aroma kertasnya yang agak persis wangi bunga melati. Saya sengaja mendekatkan hidung saya ketika membacanya, dan menghirup dalam-dalam aroma bukunya ketika selesai membaca. Aromanya benar-benar nikmat.
Creepy Diary 2
Terlepas dari kekuatan terbesar tadi, Creepy Diary 2  dapat dikatakan terlalu 'manis' untuk dikatakan sebagai sebuah novel horor. Hantu dengan penggambarannya yang mengerikan sering sekali muncul, ini malah menyebabkan saya menjadi agak bosan karena sering munculnya hantu malah membuat unsur horornya jadi tidak terlalu 'mengigit'. Memang karya ini melibatkan berbagai macam hantu, namun sayangnya hantu-hantu yang muncul dalam cerita kurang berhasil untuk menakuti pembaca. Saya mengambil kesimpulan, sebagai novel horor Creepy Diary 2 adalah novel horor ringan yang cocok untuk dibaca kalangan remaja hingga dewasa.

Comments

  1. Kayaknya wajib punya nih, hehee

    Salam,
    Ijal Fauzi

    ReplyDelete
  2. Wih, serius kertasnya beraroma kek melati gitu? Keren..keren. Beli ah!

    ReplyDelete
  3. reviewnya komplit :3

    salam kenal :)

    ReplyDelete
  4. Duh, makin berkeinginan utk membeli. :')

    ReplyDelete

Post a Comment

Share your fear please.... :)

Popular posts from this blog

Tragedi Himuro Mansion

Siapa yang udah pernah main game Fatal Frame ? Saya belom, hehe. Mau maenin tapi PS 2 nya rusak duluan. Saya tahu Fatal Frame dari teman saya yang sudah terlebih dahulu bermain Fatal Frame. Gamenya lumayan horror, eh bukan lumayan lagi deh. Horror banget. Ya iyalah gimana gak ? Di game itu kita berperan jadi sepasang gadis yang tersesat di sebuah mansion yang isinya hantu - hantu semua. Satu - satunya cara untuk menghadapi hantu - hantu itu adalah dengan memotret mereka dengan sebuah alat bernama camera obscura. Iya, dipotret hantunya. Kebayangkan kalo hantunyaFatal Frame tiba - tiba muncul di depan wajah terus langsung kita harus buru - buru potret. BAKEKOK !! Ini kok jadi review game ? -_-" Maaf keasyikan ngebahas Fatal Frame. Langsung ke topik utama. Ada alasan mengapa tadi saya membahas game Fatal Frame sedikit di awal. Latar tempat game Fatal Frame adalah sebuah mansion (rumah singgah yang besar dan luas) bernama Himuro Mansion. Dan coba tebak ? ternyata Himuro Mansion benar …

Linimasa (Sisi kelam sebuah kicauan)

Selesai Abatoar langsung saya lahap Linimasa di hari itu juga. Rasanya agak telat kalau saya me-review Linimasa sekarang - sekarang ini, mengingat tanggal terbitnya sudah lewat berbulan - bulan lalu. Well... better late than never. Kita bahas sedikit tentang cerita dalam Linimasa, tanpa spoiler tentunya.

Judul buku : Linimasa (Sisi kelam sebuah kicauan) Penulis : @kisahhorror Penerbit : Mediakita Tanggal terbit : November - 2013 Jumlah halaman : 340


Linimasa menceritakan tentang konflik dan intrik anak - anak remaja tanggung persis di sinetron - sinetron yang sering diputar di stasiun televisi kesayangan kita. Adalah Tatiana, gadis berpenampilan sederhana namun selalu meninggalkan kesan baik pada teman - temannya sebagai siswi yang rajin, pintar, suka menolong dan ramah kepada semua orang. Sifat baik Tatiana bukan berarti berimbas baik pada semua orang, tersebutlah lima orang remaja lain yang merasa dipecundangi oleh kebaikan dan prestasi - prestasi Tatiana. Lima orang remaja itu adalah Fra…

Gak Baca Komik Horor, Sekalinya Baca Jadi Lama Gak Posting Lagi

Lama gak update sodara - sodara sekalian. Kali ini saya gak mau cerita sesuatu dulu. Mau share sedikit aja.  Jadi gini, ceritanya saya lagi iseng googling. Dan nemu komik horror disalah satu web penyedia komik. Jelas dong saya penasaran, saya baca dikit dan voila ! sukses bikin saya gak bisa tidur, gak berani di kamar mandi lama - lama. Dan gak berani buat posting cerita horor buat sementara. (Selain sempitnya waktu, efek dari komik ini yang membuat saya gak posting - posting lagi).

"Emang serem banget ya ?"

Gak banget - banget sih, tapi karena ilustrasinya yang "brengsek" dan lumayan buat bahan mental disturbing jadi bakal bikin anda berkali - kali ngeliat ke belakang pas lagi baca ceritanya (if you know what i mean...^_^).

Nih saya kasih linknya aja. Saya gak mau naro gambar - apa dipostingan kali ini.

YAMI NO KOE
Nemu profil penulisnya juga dari wikipedia :

Junji Ito was born in the Gifu prefecture of Japan in 1963. He was inspired from a young age by both his ol…